Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk

Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk - Hallo sahabat Agni PC, Pada sharing Informasi kali ini yang berjudul Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk, saya telah menyediakan Informasi Terlengkap Untuk Anda. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Informasinya.

Kata Kunci : Cara* Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk
Bagaimana* Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk
Mengatasi* Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk
Panduan* Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk
Tutorial* Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk


Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk

Sering kali kita mendengar istilah masyarakat, dan yang terlintas dalam benak adalah langsung tertuju pada kelompok orang dengan karakteristik yang majemuk dalam sebuah lingkungan sosial. Memang benar, adanya pengertian masyarakatmerupakan salah satu lingkungan social yang ada di sebuah Negara, bahkan telah menjadi salah satu dari unsur-unsur Negara itu sendiri.


Karena karakter yang majemuk dari setiap individu yang ada di lingkungan masyarakat itulah maka kemudian muncul konsep masyarakat madani (civil society) di beberapa dekade belakangan ini. Sayangnya untuk mewujudkan itu ternyata sangatlah sulit apalagi di Negara berkembang seperti Indonesia. Pada hal, bila hal itu terwujud banyak kalangan meyakini bahwa konsep masyarakat madani akan memperkuat keberadaan eksistensi diri sebuah Negara di era modern seperti sekarang.

Lalu, apa yang dimaksud dengan masyarakat madani? Dan apa karakteristiknya sehingga bisa dikatakan masyarakat madani dan bagaimana bisa memperkuat keberadaan sebuah Negara? Beberapa ulasan berikut akan memberikan sedikit gambaran mengenai pengertian masyarakat madani (civil society) serta karakteristik apa saja yang harus dimiliki oleh lingkungan sosial tersebut.

Beberapa Pengertian Masyarakat Madani Menurut Ahli

  • Karl Marx

Masyarakat madani merupakan masyarakat borjuis dalam konteks hubungan produksi kapitalis yang mana keberadaannya merupakan kendala bagi pembebasan manusia dari penindasan oleh karena itu maka keberadaannya harus dilenyapkan agar tidak ada kelas sosial dalam dalam masyarakat itu sendirI
  • Alexander De Tocquevile

Masyarakat madani merupakan entitas penyeimbang kekuatan suatu negara dimana kekuatan politik dan masyarakat madanilah yang akan memwujudkan demokrasi dari sebuah negara.
  • Thomas Paine

Masyarakat madani merupakan kelompok masyarakat yang memiliki posisi secara diametral dengan negara bahkan telah dianggap sebagai anti tesis dari negara itu sendiri.
  • Han Sung Joo

Masyarakat madani merupakan sebuah kerangka hukum yang melindungi dan menjamin hak-hak dasar hingga terbebas dari negara, gerakan warga yang mampu mengendalikan diri mengakui norma-norma dan memiliki budaya yang dapat menjadi identitas suatu solidaritas dalam masyarakat tersebut
  • Anwar Ibrahim

Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur yang berasaskan pada prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dengan kesetabilan masyarakat itu sendiri.

Karakteristik Masyarakat Madani

Pada sebuah negara yang memiliki masyarakat madani harus memiliki karakteristik sebagai berikut :
Demokratis,yaitu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari masyarakat madani memiliki kebebasan penuh untuk berinteraksi dengan lingkungan, tidak mempertimbangkan SARA, bertingkah laku sopan dan santun serta kebebasan lainya dalam bidang politik, ekonomi dan lainnya.
Pluralisme,yaitu setiap masyarakat selalu menerima kenyataan yang ada perbedaan-perbedaan dan kemajumakan didalam masyarakat. selain itu nilai tulus untuk menerima itu akan menjadikan ikatan yang beradap dalam masyarakat ditengah-tengah perbedaan satu sama lain.
Free Public Sphere,yaitu adanya ruang publik ditengah masyarakat dalam rangka menampung setiap kebebasan berpendapat dari individu dalam masyarakat madani.
Toleransi,yaitu adanya sikap  yang berkembang dalam masyarakat madani untuk saling menghargai satu sama lain serta menghormati setiap aktivitas yang dilakukan setiap orang dilingkungannya.


Dalam masyarakat madani (civil society) ternyata di dalamnya mensyaratkan betapa pentingnya sikap kritis dan partisipasi yang aktif dari setiap individu yang ada. Sikap terbuka, percaya dan toleransi satu sama lain dalam masyarakat madani merupakan syarat mutlak tegaknya demokrasi pada suatu Negara. Kuncinya adalah diberikan kebebasan dan kemandirian pada setiap individu dalam rangka menjalin hubungan dan kerjasama yang antara masyarakat dengan negara yang sebenarnya antara satu dengan lainnya adalah satu kesatuan yang utuh.

Demikianlah Artikel Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk

Sekian Informasinya Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk dan artikel ini url permalinknya adalah https://agnipc.blogspot.com/2015/10/masyarakat-madani-pengertian-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masyarakat Madani : Pengertian dan Karakteristik dari Kelompok Masyarakat Majemuk"

Posting Komentar