Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara

Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara - Hallo sahabat Agni PC, Pada sharing Informasi kali ini yang berjudul Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara, saya telah menyediakan Informasi Terlengkap Untuk Anda. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Informasinya.

Kata Kunci : Cara* Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara
Bagaimana* Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara
Mengatasi* Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara
Panduan* Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara
Tutorial* Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara


Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara

Konsep sebuah negara diartikan berbagai macam. para pakar tata negara dan tokoh telah banyak mendefinisikan negera berdasarkan sudut pandang dan kajian teori masing-masing. lalu apa sebenarnya pengertian negara? dan apa tujuan dibentuknya sebuah negara? kemudian apa saja syarat atau unsur-unrus hingga bisa dikatakan sebuah negara? simak beberapa ulasan berikut dan semoga dapat membantu Anda dapat memahami sebuah negara terutama mengenai pengertian, tujuan dibentuk sebuah negara dan unsur-unsur hingga bisa dikatakan sebuah negara


Pengertian Negara

Kata negara berasal dari bahasa asing yaitu Bahasa Inggris (state), Bahasa Prancis (etat) dan Bahasa Belanda (staat). sedangkan dalam bahasa latin disebut dengan status atau statum.
Kata statum sendiri diartikan sebagai station atau kedudukan yang berhubungan dengan kedudukan dalam suatu kerjasama manusia satu dengan lainnya. sedangkan secara terminologi sebuah negara diartikan sebagai suatu organisasi tertinggi dalam suatu kelompok masyarakat yang mana memiliki cita-cita untuk bersatu dan hidup secara berdampingan yang dikemas dalam sebuah pemerintahan yang berdaulat.

Untuk itu, secara sederhana negara dipahami sebagai suatu daerah teritorial yang memiliki pemerintahan yang mana dalam rangka mengatur rakyat dan komponen lainya dalam sebuah negera tersebut maka setiap pejabat dalam pemerintahan itu kemudian melaksanakan dan menjalankan fungsi pengawasan (kontrolnya) dengan baik dan benar.


Beberapa Pengertian Negera Menurut Ahli

  • Menurut Max Weber, mendefiniskan bahwa negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu daerah atau wilayah.
  • Robert M. Mac Ivar, Negara adalah sebuah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyarakat di sebuah wilayah berdasarkan sistem hukum dan peraturan yang dijalankan oleh pemerintahan dengan tujuan memaksa masyarakatnya untuk selalu melaksanakan  hukum dan peraturan tersebut.
  • Roger H Soltau, mendefiniskian negara sebagai alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan secara bersama-sama atas nama masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

Tujuan Dibentuknya Sebuah Negara

Sebagai sebuah asosiasi atau organisasi dari sekumpulan orang atau masyarakat, tujuan dibentuknya sebuah negara adalah sebagai berikut :
  • Mencapai kesejahtraan umum
  • membuat rakyatnya berkembang agar dapat melaksanakan daya ciptanya dengan sebebas mungkin.
  • Mencapai penghidupan aman dan tentram bagi segenap rakyatnya.
  • agar masyarakat atau rakyat dapat menjalankan kehidupannya dengan baik tanpa sengketa atau masalah apapun.
  • menyelenggarakan ketertiban hukum.
  • untuk memperluas kekuasaan yang telah ada.

Unsur-unsur Sebuah Negara

Sebuah negara dapat terbentuk atau dapat dikatakan sebuah negara apabila memiliki unsur-unsurnya. apa saja unsur-unsur negara tersebut? diantaranya adalah :
  • Rakyat atau warga atau masyarakat, tanpa adanya warga atau masyarakat sebuah negara tidak mungkin terbentuk. unsur ini sangat berperan dalam sebuah negara karena merekalah yang memiliki kepentingan agar sebuah negara dapat berjalan dengan baik. selain itu tanpa warga atau masyarakat maka organisasi sebuah negara itu sendiri tidak akan berjalan karena yang mampu menggerakkan sebuah organisasi adalah manusia atau warga itu sendiri.
  • Wilayah, wilayah sebuah negara adalah unsur yang harus ada, hal ini dikarenakan sebuah negara harus memiliki bata-batas daerah teritorial yang jelas dan pasti.
  • Pemerintahan, Pemerintahan adalah alat kelengkapan sebuah negara dalam rangka menegakkan hukum, menegakkan keamanan dan menyelaraskan kepentingan dari setiap warganya dalam rangka mencapai tujuan dari organisasi negara itu sendiri.
Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai seputar pengertian negara, tujuan dibentuknya negara maupun unsur-unsur yang harus dimiliki sebuah negara. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama menambah sedikit pengetahuan berkaitan dengan pengertian negara.

Demikianlah Artikel Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara

Sekian Informasinya Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara dan artikel ini url permalinknya adalah https://agnipc.blogspot.com/2015/10/negara-pengertian-tujuan-dan-unsur.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Negara : Pengertian, Tujuan dan Unsur-unsur Negara"

Posting Komentar